Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki bisnis online tidak asing lagi dengan istilah Paypal, namun mungkin bagi sebagian orang juga belum banyak tahu tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan Paypal itu. Lalu apa sih sebenarnya Paypal itu dan fungsinya untuk apa saja?

Paypal yaitu  merupakan salah satu alat pembayaran atau bisa juga disebut dengan Payment procesors  dan cara transaksinya dengan menggunakan jaringan internet dan ini merupakan salah satu  alat pembayaran online yang paling banyak digunakan orang dan tentu saja memiliki keamanan yang tinggi.

Paypal juga bisa disamakan seperti kalian mempunyai sebuah rekening bank secara online, cara pertama yaitu dengan membuat account, lalu kemudian mengisi account paypal tersebut dengan sumber dana dari kartu kredit yang bisa diterima oleh Paypal dan tidak lama kalian akan langsung bisa menggunakan account Paypal kalian untuk bertransaksi secara online. Pada bulan Oktober 2006 Paypal sudah menerima 103 Negara dan sebanyak 16 jenis mata uang, akan tetapi pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan dananya dari kartu kredit dalam perhitungan US dollar, sebab sampai saat ini rupiah belum ada di Paypal.

Dengan menggunakan paypal juga ada keuntungan tersendiri, apa keuntungan dalam menggunakan paypal? Yaitu pemilik akun PayPal bisa lebih merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi, karena sebagai seorang pembeli, nomor kartu kredit pemilik akun di paypal tidak akan diketahui oleh para penjual.  Sama halnya dengan transfer uang antar bank, Paypal memiliki hampir persamaan jika dilihat dari cara kerjanya, hanya saja dalam proses ini di lakukan dengan menggunakan email.

Di paypal pengiriman uang dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu family and friends dan payment as service. Yang menjadi perbedaan di sini adalah pada pajak atau fee yang dikenakan. Jika untuk pilihan family and friend tidak dikenakan pajak atau 0% namun dengan jumlah yang kalian kirim kecil, sedangkan untuk yang jenis Payment as service dikenakan pajak sesuai kebijakan jenis akunnya.

Cara pengirimannya juga cukup mudah tinggal pilih send money to friends and family atau dengan cara Pay for good or service masukan sejumlah uang yang akan di transfer. 

Lalu bagaimana cara penarikan di paypal ? Penarikan dapat dilakukan setelah melakukan link atau mengaitkan ke bank lokal. Bank lokal tersebut dijadikan sebagai bank penerima dalam kurs rupiah. Dan cara mengaitkan akun paypal ke bank lokal yaitu :

Untuk Business account : Kalian pilih Profile lalu Profile setting dan kemudian Financial Infromation setelah itu dibagian label bank account pilih update. Lalu Kemudian kalian pilih add atau tambahkan, dan isi sesuai dengan data yg diminta. untuk nama bank dan kode bank maka pilih di link whats this. Lalu continue.

Dan untuk account personal juga sama saja, pada halaman depan bisa langsung pilih link add bank account. Nah untuk melakukan penarikan dapat pilih langsung tarik dana atau Withdraw funds dihalaman depan, lalu kemudian masukan jumlah yang akan ditarik lalu pilih continue. Di paypal memiliki jumlah minimum Withdraw yaitu 10$ usd.

Paypal mempunyai aturan yang mungkin bagi orang yang tidak memiliki kartu kredit terasa kesulitan dalam proses verifikasi. Walaupun hal ini bisa juga diatasi dengan kartu lain misalnya seperti prepaid master card.

Dan masalah dalam verifikasi ini akan berbuntut panjang apabila suatu hal terjadi. Akun yang tidak terverifikasi mempunyai keterbatasan yaitu diantaranya adalah maksimum kirim serta tarik uang yang dibatasi.

Apabila ini yang terjadi maka kemungkinan tidak akan terlalu menjadi permasalahan. Namun apabila akun belum terverifikasi kemudian terkena limited access maka dengan demikian tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Dan apabila permasalahan verifikasi berlanjut apabila limited access terjadi, yang berarti mau tidak mau verifikasi harus dilakukan untuk memulihkan keadaan. Dan biasanya pemulihan akun ini akan ada 3 hal yang harus dilakukan yaitu :

  • Pertama dengan cara mengganti password
  • Kemudian mengubah atau mengupdate security question
  • Setelah itu kalian harus verifikasi kartu kredit atau debit yang valid. Dan setelah itu Paypal akan memotong uang dalam proses verifikasi dan nanti akan mengembalikannya ke akun paypal apabila telah terverifikasi.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Limited Acces itu? Limited access merupakan suatu keadaan akun paypal dimana fasilitas tertentu diberhentikan dengan sementara karena suatu kecurigaan hal buruk telah  terjadi. Dan penyebab dari Limited Acces tersebut yaitu :

  1. Akun paypal lama dibiarkan saja dan tidak diverifikasi.
  2. Ada pemeriksaan acak atau bisa juga disebut Random Screening yang dilakukan oleh PayPal.
  3. Keseringan Login dengan berpindah-pindah komputer maka dengan begitu IPnya pun ikut ganti.
  4. Verifikasi dengan menggunakan IP yang sama dengan yang digunakan untuk memverifikasi sebelumnya.
  5. Kemudian karena ganti-ganti browser pada saat membuka PayPal
  6. Dan ada sebuah transaksi yang dicurigai oleh PayPal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *