Pengertian Googlebot – Mungkin untuk kalian yang belum pernah mendengar tentang googlebot, tentu saja akan bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan googlebot itu dan apa sebenarnya fungsinya.

Nah, Googlebot yaitu merupakan software yang digunakan untuk mencari sebuah bot dari Google, yaitu megumpulkan suatu dokumen-dokumen yang terdapat pada sebuah web dan tentu saja web tersebut sudah terindeks terlebih dahulu oleh Google Search Engine.

Dan setiap alamat dari sebuah situs akan di telusuri oleh google bot untuk mendapatkan seluruh informasi dengan secara lengkap yang nantinya dapat lebih mudah di tampilkan ke data pencarian dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu.

Googlebot tersebut dirancang untuk didistribusikan di beberapa komputer fungsinya yaitu untuk meningkatkan kinerja dan skala seiring dengan bertumbuhnya suatu web. Dan selain itu, untuk mengurangi penggunaan bandwidth, googlebot akan menjalankan banyak perayap di komputer yang terletak di dekat situs yang diindeksnya dalam sebuah jaringan.

Maka dari itu, log kalian mungkin akan menampilkan kunjungan dari beberapa komputer di google.com, dan semua dengan agen pengguna Googlebot. Tujuan hal tersebut yaitu untuk merayapi sebanyak mungkin laman situs kalian pada setiap kunjungan tanpa membuat bandwidth server kalian kewalahan

Googlebot itu sendiri terdiri dari banyak komputer yang akan meminta dan mengambil suatu halaman lebih cepat dari yang biasa kalian lakukan di browser kalian. Bahkan Googlebot mampu meminta ribuan web dengan secara bersamaan tanpa ada kesulitan sedikit pun.

Dalam menghindari permintaan Crowding out dari pengguna manusia, Maka dengan begitu Googlebot sengaja untuk membuat permintaan pada masing-masing individu web server yang lebih lambat dari yang Googlebot bisa lakukan.

Googlebot dapat menemukan suatu web dengan dua cara yaitu dengan cara Add URL form, www.google.com/addurl.html dan cara yang kedua yaitu dengan merayapi link yang ada di suatu web.  

Dan cara kerja Googlebot yaitu, pada saat Googlebot mengambil sebuah halaman, maka sisa semua link akan muncul di halaman dan akan ditambahkan ke antrian untuk kemudian akan di rayapi atau di rangkak ( Crawling ) oleh si Googlebot tersebut.

Googlebot lebih cenderung menghadapi spam penulis sedikit. Dengan banyak link dari setiap halaman, Googlebot bisa dengan cepat membuat sebuah daftar link yang berguna untuk menutupi dan mencapai luas dari web tersebut.

Googlebot tersebut juga memungkinkan untuk menyelidiki jauh di dalam setiap web. Sebab didalam sebuah web itu sangat luas dan hal ini tentu saja dapat memakan waktu, dan mungkin beberapa halama hanya akan dirayapi oleh Googlebot 1 bulan sekali. 

Googlebot tersebut memiliki 2 sistem kerja, dan berikut ini adalah penjelasannya :

  • Freshbot

Freshbot yaitu yang akan meng-crawl website dan mencari fresh content. Freshbot akan mengunjungi sebuah website yang memiliki frekuensi berubahnya lebih tinggi , serta tergantung pada seberapa cepat berubahnya frekuensi. Apabila frekuensi suatu konten website kalian tinggi, Maka Frashbot akan sering datang ke web kalian dan GoogleBot hanya akan mengikuti Href Link dan SRC Link.

  • Deepbot

Deepbot yaitu yang akan mencoba untuk mengikuti setiap link dalam sebuah website dan dan akan mengunduh sebanyak mungkin halaman website kalian. Dan proses ini akan selesai sekitar sebulan sekali.

Googlebot ini bekerja seperti layaknya manusia hanya saja bedanya yaitu googlebot ini semua dilakukan dengan secara otomatis dan natural, yang artinya adalah manusia tidak ikut campur tangan, sebab tidak ada operator sama sekali dalam kegiatan crawler yang dilakukan oleh google tersebut. Semuanya itu dilakukan oleh mesin. 

Dan sehingga pada saat kalian masuk ke dalam www.google.com dan mengetikan suatu keyword mesalnya saja seperti belajar seo di google, maka kalian akan mendapati banyak sekali halaman-halaman website ditampilkan sesuai dengan keyword yang diketikkan di mesin pencarian.

Halaman-halaman website ini di ambil oleh googlebot yang sebelumnya sudah mengcrawl, mengunjungi halaman website tersebut dan kemudian menyimpannya di dalam database google, dengan demikian kalian bisa langsung melihat hasil dari setiap keyword yang kalian ketikkan di dalam mesin pencarian milik google.

Nah dilihat dari cara kerja google yang seperti ini, yang kemudian para master SEO mencari-cari celah supaya halaman websitenya itu dapat muncul dihalaman depan google, maka google dipaksa untuk menampilkan halaman-halaman website yang diseokan untuk kemudian muncul pada halaman pertama. Ilmu tersebut dinamakan SEO, atau Search Engine Optimization. Dan ini tentu saja sangat penting bagi kalian yang memiliki sebuah website.

Maka dari sini pula lah google akan mengeluarkan aturan-aturan yang mana aturan tersebut sebenarnya memiliki fungsi yaitu untuk mengurangi kegiatan pemaksaan google supaya memunculkan halaman yang diseokan itu dapat muncul dihalaman pertama google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *