Pengertian Dan Sejarah Western Union – Western Union menjadi salah satu layanan pengiriman uang yang paling bagus di dalam negeri maupun antar negara. Dengan semakin banyaknya transaksi pengiriman uang maka semakin banyak pula yang menggunakan layanan ini.

Dan hal ini membuat perkembangan kuantitas pelanggan mereka terhitung semakin bertambah secara signifikan.

Yang menjadi salah satu kelebihan dari Western Union yaitu layanan transfer atau pengiriman uangnya mampu meraih hingga ke luar negeri secara realtime atau bisa langsung di terima oleh penerima di negara tujuan.

Tentu saja hal ini yang membedakan pelayanan uamg denga bank-bank lokal lainnya yang hanya mampu melayani transfer uang di ruang lingkup lokal saja. Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Western Union itu? Western Union yaitu sebuah jasa pengiriman uang dari dan ke berbagai Negara yang ada di dunia.

Dengan menggunakan sistem online maka pengiriman dengan menggunakan Western Union bisa menjadi sangat cepat, dan juga dengan menggunakan sistem keamanan berupa kode MTCN atau nomor resi pengiriman, tentu saja hal itu membuat pengiriman dan pengambilan uang menggunakan Western Union sangat aman dan bisa dipastikan sesuai data pengirim dan penerima.

Dan tentu saja nilai mata uang dari berbagai negara akan dikonversi sesuai dengan kurs mata uang negara tujuan.

Western Union ini memiliki sejarah, mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetahui mengenai sejarah Western Union ini.

Pada tahun 1851, ada seseorang yang bernama Hiram Sibley dan dengan rekannya mendirikan New York and Mississippi Valley Printing Telegraph Company, di Rockester, New York. Tujuan mereka mendirikan  ini yaitu untuk menciptakan sistem telegraf yang bagus dengan operasi yang efisien serta terintegrasi. Dan di tempat lain, ada seorang yang bermana Ezra Cornell membeli sebuah perusahan.

Sebenarnya, sebelumnya perusahaan itu adalah miliknya. Akan tetapi karena bangkrut, lalu kemudian di jual. Dan saat ini ia membeli perusahaan itu kembali dan kemudian diberi nama New York & Western Union Telegraph Company. Karena perusahaan itu bergerak di bidang yang sama, maka kedua perusahaan tersebut bersaing dengan sengit.

Dan pada tahun 1856 keduanya menyadari bahwa untuk berkembang, maka mereka harus bersatu. Lalu kemudian dua perusahaan itu bergabung dan atas prakarsa Cornel, perusahaan tadi diberi nama Western Union Telegraph Company.

Dan pada tahun 1860, Western Union berkembang dengan sangat pesat, sehingga dapat membeli banyak perusahaan kecil, maka secara otomatis jaringannya semakin bertambah luas sehingga bisa sampai ke pesisir Timur AS dan juga ke Sungai Mississippi, dan dari Great Lakes sampai dengan Sungai Ohio. Lalu pada tahun 1861, Western Union membuka sebuah jaringan telegraf antar benua yang didirikan pertama kali di dunia. Dan selama beberapa tahun mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan jumlah pendapatan yang juga fantastis. Akan tetapi pada saat itu ada kompetitor yang tangguh juga, yaitu bernama Atlantic and Pasific Telegraph Company.

Dan pada tahun 1871, dengan memiliki sistem dasar telegraf yang bagus, Western Union memperkenalkan sebuah jasa pengiriman uang. Dan kemudian pada tahun 1879, Western Union meninggalkan bisnis teleponnya, karena setelah mengalami kekalahan dalam sidang sengketa hak paten dengan Bell Telephone Company. Maka dengan begitu jasa pengiriman uang menjadi satu-satunya bisnis yang WU jalani pada saat itu.

Dan Departemen Perang AS selalu menggunakan jasa pengiriman telegram dari WU, itu terjadi pada saat perang dunia ke-2 yaitu untuk memberi kabar kepada keluarga tentara yang ditinggal tugas. Akan tetapi para keluarga ini jadi sedih jika melihat pengirim surat darinya. Kenapa demikian? Karena sudah hampir dipastikan bahwa isinya berupa pemberitahuan bahwa tentara dari keluarga mereka telah gugur atau hilang di medan perang.

Perlu kalian ketahui bahwa Western Union merupakan satu-satunya perusahaan di dunia yang memiliki 5 satelit di orbit pada tahun 1982. Dan kemudian pada tahun 1992, mereka meluncurkan layanan Western Union Money OrderSM yang menyediakan pelanggan dengan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan uang. 

Lalu pada tahun 1996, juga meluncurkan sebuah kantor pusat Amerika Utara di Englewood, Colorado dan didirikan juga kantor baru yang berada di Paris, Wina dan Hong Kong. Perkembangan Western Union tersebut berlanjut pada saat ia mampu memperluas ke 50.000 lokasi Agen di seluruh dunia pada tahun 1998. Lalu pada tahun 2005, dibawah pimpinan Presiden Western Union Financial Service, yang bernama Christina Gold, dapat memiliki lebih dari 250.000 lokasi agen dan digabung dengan Orlandi Valuta, anak perusahaan WU di seluruh dunia.

WU itu sendiri melengkapi transformasi pada tahun 2006 pada saat menghentikan layanan telegramnya. Western Union saat ini merupakan perusahaan layanan finansial dengan lebih dari 440,0001 lokasi agen di seluruh dunia. Dan Western Union masih memperluas jaringan untuk melayani jutaan konsumen yang ia miliki di seluruh dunia..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *