Pengertian Dan Perbedaan Dari Akun Adsense Hosted Dan Non Hosted – Salah satu platform periklanan yang dimiliki oleh sebuah Google yaitu Adsense dan ini menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk para pengembang website dan blog di dunia.

Bagi para pengembang website tentu saja ingin mendaftarkan website dan blog miliknya sebagai mitra Adsense agar mereka dapat bekerjasama dan mendapat penghasilan setiap bulannya.

Akan tetapi pada kenyataannya bergabung menjadi mitra Adsense tidak semudah yang kita lihat, bahkan cukup sulit karena pengguna harus terlebih dahulu melewati 2 tahapan review yaitu dengan cara mendatangkan visitor dari Google, serta tidak lupa untuk melengkapi navigasi blog dengan TOS, Privacy and Policy, Disclaimer, dan lain sebagainya.

Dan sampai saat ini Google Adsense pun telah menyediakan dua jenis akun yang berbeda yaitu hosted dan non hosted. Walaupun sama-sama sebagai akun Google Adsense, akan tetapi ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Dan berikut ini adalah merupakan pengertian dan perbedaan, serta kelebihan dan kekurangan kedua akun tersebut yaitu :

Google Adsense Hosted

Hostedyaitu merupakan sebuah akun Google Adsense yang paling sering digunakan oleh para pengguna, selain itu adsense jenis ini juga menjadi yang paling mudah dalam proses pendaftaran. Berikut  ini merupakan ciri-ciri dari akun hosted Google Adsense yang menjadi pembeda dengan non hosted.

  • Platform Pendaftaran

Perlu kalian ketahui bahwa akun Google Adsense hosted hanya bisa didaftarkan dengan cara melalui platform Blogger dan Youtube, itu berarti bahwa blog berbasis WordPress tidak dapat mendaftar dan bekerja sama dengan program pengiklanan ini. Lalu kemudian untuk mendapatkan akun hosted sendiri, maka pengguna harus menggunakan domain dan hosting gratis yang disediakan oleh Blogger (blogspot). Yang nantinya proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah melalui dashbord blog masing-masing.

  • Ada Kebijakan Tersendiri Mengenai Penampilan Iklan

Karena akun hosted proses pendaftarannya hanya dapat dilakukan di platform Youtube dan Blogger saja, maka dengan demikian iklan juga hanya dapat tampil pada kedua platform tersebut. Lalu selain itu, apabila blog blogspot kalian telah menggunakan domain TLD (Top Level Domain) atau dengan istilah lain tidak menggunakan domain gratis dari blogspot lagi, maka iklan pun juga tidak akan ditampilan. Dan kemudian jika akun Google Adsense hosted kalian didapatkan melalui pendaftaran Youtube, sedangkan kalian ingin menampilkan iklan di blog. Maka dengan demikian akun hosted tersebut wajib diupgrade terlebih dulu.

Akun Hosted memiliki kelebihan yaitu :

Akun hosted memiliki beberapa kelebihan yang ia tawarkan jika dibandingkan dengan non hosted, salah satunya yaitu mudahnya melakukan pendaftaran karena hanya melalui 1 kali tahap review saja. Lalu kemudian yang tidak kalah pentingnya yaitu  tidak perlu mengeluarkan modal besar, pasalnya blog yang kita digunakan secara otomatis sudah mendapat fasilitas hosting dan domain gratis dari blogspot (blogger).

  • Google Adsense Non Hosted

Apbila akun hosted cukup mudah didapatkan, maka beda halnya dengan akun non hosted ia kebalikan dari itu. Beberapa pengguna akun non hosted mengaku cukup sulit mendapatkannya. Apalagi pada tahap review yang dilewati harus sebanyak 2 kali dan pengguna juga harus memiliki visitor organik dari search engine. Berikut  ini merupakan ciri-ciri dari akun non hosted Google Adsense yang menjadi pembeda dengan akun hosted.

  • Platform Pendaftaran

Syarat agar dapat mendapatkan akun Google Adsense non hosted tergolong bebas, kalian dapat mendafartarkannya dengan menggunakan platform blogger tentu yang sudah dikostumisasi dengan domain TLD, WordPress self hosted, php, dan masih banyak platform CMS yang lain. Memang hampir semua CMS mendukung pendaftaran Google Adsense jenis non hosted.

  • Platform yang Mendukung Tampilnya Iklan

Akun non hosted ini memberikan kebebasan kepada para penggunanya, apalagi untuk jenis iklan ini bisa tampil di berbagai platform. Blogger, WordPress, bahkan Youtube pun dapat memasang kode iklannya.

Kelebihan yang dimiliki oleh adsense non hosted yaitu :

Akun non hosted cukup banyak menawarkan kelebihan, terutama yaitu iklan dapat tampil di mana saja. Kalian juga dapat memasang kode iklan tanpa harus menunggu review terlebih dulu. Akun ini pun juga dapat digunakan pada Youtube maupun WordPress tetapi yang jenisnya self hosted.

Kekurangan yang dimiliki oleh adsense non hosted yaitu :

Meskipun dengan demikian, akun jenis ini pun juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu dalam proses pendaftaran yang sulit. Misalnya saja sekali mendaftar belum tentu akan langsung diterima, apalagi review juga terdiri dari 2 tahapan.

Tahap yang pertama yaitu mesin milik Adsense akan melihat kualitas blog yang didaftarkan apakah layak bila dipasangi iklan atau tidak, navigasi blog mudah atau tidak, dan masih banyak syarat yang lainnya.

Tahap yang kedua yaitu blog diperiksa kualitasnya secara langsung oleh pihak Adsense. Yang berarti pemeriksaan tidak lagi dilakukan oleh mesin atau robot akan tetapi langsung oleh manusia.

Pada tahap kedua inilah para pengguna sering gagal karena beberapa alasan misalnya seperti navigasi blog sulit, blog tidak layak, dan konten tidak memenuhi syarat. Sebaiknya jika kalian ingin mendaftar, maka kalian harus mengetahui syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Google Adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *