Dampak Buruk Melakukan Tindakan Spam Komentar Untuk Blog – Bagi penggun blogger jika blog yang dimiliki bisa mendatangkan banyak pengunjung, adalah merupakan suatu hal yang sangat memuaskan, akan tetapi jika blog yang kita miliki dihampiri komentar spam, tentu saja hal ini akan merugikan bagi blog kita.

Karena Komentar spam dalam sebuah blog memiliki beberapa dampak buruk bagi blog tersebut. Komentar spam dapat diartikan dan juga diwujudkan dalam banyak bentuk dan cara.

Apabila dibahas tentu tidak akan cukup satu halaman ini pembahasannya. Namun apabila dibicarakan secara umum, komentar spam bmerupakan suatu komentar yang tidak diharapkan, dan tidak berkaitan, serta tidak ditujukan untuk merespon atau mendiskusikan suatu pembicaraan di dalam artikel atau posting blog.

Tujuan dari komentar spam hanyalah untuk meninggalkan “jejak”, dan berpromosi tanpa cara yang layak, serta yang terakhir, untuk meninggalkan link spam demi sebuah SEO. Secara umum spam memiliki tujuan yang hampir sama, namun melalui banyak media seperti email, facebook message, status, aplikasi, tweet, SMS, dan masih banyak lagi.

Tujuan utamanya yaitu untuk menggapai pelanggan secara untung-untungan dan ada juga yang terparah yaitu untuk membahayakan orang lain seperti misalnya phising, malware, virus, scam, dan lain sebagainya.Lalu apa saja dampak buruk melakukan tindakan spam komentar untuk blog ? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  1. Membuat para pembaca merasa terganggu. Pembaca tentu saja akan merasa terganggu jika ada banyak komentar spam, apalagi komentar spam tersebut  tidak berhubungan dengan posting blog yang bersangkutan.
  2. Dapat memperlambat waktu loading blog. Dengan semakin banyaknya komentar, maka akan semakin lama pula waktu loading sebuah blog. Hal itu tidak akan jadi masalah jika komentar tersebut berisikan tanggapan untuk posting kalian. Tapi, akan menjadi masalah jika komentar tersebut adalah komentar spam.
  3. Komentar spam akan membuat blogger menjadi sibuk, hal itu karena harus menghapus komentar yang tidak penting. Meskipun terkesan sepele, mungkin kalian pernah mendengar ada blogger yang menghabiskan waktu berjam – jam hanya untuk menghapus komentar spam.
  4. Dapat membuat kredibilitas blogger kalian turun. Ada banyak atau sedikitnya komentar spam di blog dapat digunakan sebagai indikator, apakah blogger tersebut peduli pada blog mereka atau sebaliknya.
  5. Dapat menurunkan reputasi blog yang kalian miliki di mesin pencari. Google itu sangat membenci komentar spam. Google memiliki analisis yang sangat baik, untuk membedakan, mana komentar spam dan mana yang tidak termasuk spam. Tidak hanya spammer saja yang akan merasakan dampak negatifnya, akan tetapi pemilik blog juga akan merasakan dampaknya. Dampak tersebut bisa berupa penurunan rangking blog, baik di Google ataupun di search engine lainnya.

Komentar spam itu sendiri memiliki beberapa ciri, diantaranya adalah :

  • Biasanya menggunakan kata kunci atau keyword sebagai pengganti nama

Secara pribadi, dengan cara berkomentar seperti ini dapat meningkatkan backlink blog. Akan tetapi terkadang spammer menggunakan metode ini. Spammer biasanya akan menggunakan nama yang berkaitan dengan keyword atau kata kunci mereka seperti via (Name / Url).

  • Berkomentar sebaris dan umum

Kadang kala ada visitor blog yang berkomentar seperti ini : “Mantap Gan”, “Bagus infonya Gan”, dan berbagai komentar lainnya yang menggunakan Gan. Kadang-kadang komentar yang dibuat tidak nyambung dengan postingan yang dikomentari.

  • Menyisipkan sebuah alamat website pada komentar

Dengan menggunakan metode yang satu ini juga sering digunakan. Dan biasanya berisi permintaan untuk melakukan kunjungan balik ke sebuah blog atau website.

  • Berkomentar di banyak post, akan tetapi dengan isi yang mungkin saja sama.

Salah satu ciri dari komentar spam yaitu orang atau komentator yang namanya sama, berkomentar di berbagai postingan, dan kadangkala isinya juga sama.

  • Komentar out of topic (OOT)

Dalam bahasa Indonesia ini berarti “Komentar tidak nyambung.” Spammer kadang kala membuat komentar yang tidak berhubungan dengan posting blog. Seperti misanya, posting yang membahas mengenai widget blog, kemudian komentarnya tentang togel.

Bagi kalian yang memiliki blog dan tidak ingin ada komentar spam, jangan khawatir ada beberapa solusi dalam menghadapi komentar spam, diantaranya yaitu :

  1. Jangan mengizinkan sebuah komentar anonymous. Orang yang benar-benar berniat untuk berkomentar tentu tidak akan bersembunyi.
  2. Kemudian gunakan captcha atau tool yang sejenis dalam menghindari komentar otomatis (robot). Ini yang paling sering terjadi pada blog-blog CMS seperti misalnya WordPress.
  3. Dan gunakanlsh plugin atau module antispam seperti akismet, WP AntiSpam, atau apa saja yang menurut kalian efektif, jika kalian menggunakan platform CMS seperti WordPress.
  4. Gunakanlah sebuah rel=”nofollow” pada komentar blog kalian. Pada sebagian blog seperti WordPress, Blogger, Joomla, dan lain-lain atribut ini sudah ada secara default.
  5. Kemudian kalian perlu mengaktifkan moderasi komentar. Ini cara yang menurut kebanyakan pengguna blog paling efektif.
  6. Llau hapus segera apabila ditemukan komentar spam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *