Mengetahui suatu kecepatan blog dalam memuat laman merupakan salah satu hal yang sangat penting dan perlu sekali untuk diperhatikan. Sebab dengan menurunnya kecepatan blog dalam memuat laman maka tentu saja akan mempengaruhi terhadap kejenuhan para visitor untuk menunggu atau loading, tentu saja hal itu akan berimbas pada larinya pengunjung dari blog yang kalian miliki. Dan selain itu, kecepatan blog juga mempunyai pengaruh terhadap rangking hasil pencarian.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kecepatan blog kalian tidak terlalu lambat atau lemot, salah satu hal yang menjadi faktor pertama dalam menurunnya kecepatan blog yaitu suatu gambar yang tidak di optimasi.

Maka dengan demikian bagi setiap blog yang membahas tentang tutorial, tentu saja akan ada banyak gambar yang digunakan dalam mendukung kontennya. Maka dari itu, pastikan bahwa gambar yang akan kalian upload, terlebih dahulu sudah di kurangi ukurannya supaya tidak terlalu memberatkan kinerja blog.

Nah, untuk kalian para blogger agar dapat meningkatkan kecepatan blog. Maka terlebih dahulu kalian harus mengetahui kecepatan sebuah situs blog yang kalian miliki dengan memanfaatkam situs tools guna mengukur kecepatan situs blog yang dapat kalian akses dengan secara gratis, maka dengan demikian kalian dapat mengetahui kinerja yang sudah atau perlu untuk di optimalkan lagi.

Dan berikut ini merupakan beberapa situs tools yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan loading blog yang dapat digunakan dengan secara gratis :

  • Google PageSpEed Insight

Google PageSpeed Insights yaitu merupakan salah satu situs yang dapat kalian manfaatkan untuk mengetahui kecepatan akses blog.

Google PageSpeed Insights akan mereview dan sekaligus menganalisis konten blog Kalian serta akan memberikan solusi yang seharusnya kalian lakukan, yaitu mulai dari mengurangi waktu respon server, optimasi javascript dan CSS, cache browser, ukuran gambar, dan yang lainnya. Hal ini sangat penting, apabila kalian belum mengetahuinya, maka segera cek kecepatan loading blog Kalian sekarang juga.

  • Gt-Metrix 

Selain dengan menggunakan Google PageSpeed Insights, GTmetrix juga bisa kalian gunakan dalam mengukur kecepatan suatu blog sebab Gtmetrix merupakan situs tools gratis.

Dengan menggunakan tools ini maka kalian akan mendapatkan banyak hal yang akan mempengaruhi loading blog pada saat diakses, kalian juga dapat membandingkan kecepatan loading blog kalian dengan blog lain melalui GTmetrix.

GtMetrix sangat detail dalam memeriksa dan memberikan sebuah laporan metrik pagespeed dan Yslow. Penilaian yang akan diberikan oleh pihak GtMertix terhadap kecepatan situs yaitu dalam skala A sampai F, dan laporan terbagi dalam lima bagian yaitu PageSpeed, Yslow, video dan Histori (sejarah).

  • Ping-Dom

Tools berikutnya yaitu adalah PingDom. Tools ini mungkin menjadi salah satu alat uji kecepatan situs yang lebih terkenal. Laporan tools ini di bagi menjadi empat bagian yang mencangkup tingkat kinerja, analisis halaman, dan history (riwayat).

Pada analisis halaman menawarkan sebuah ikhtisar yang sangat bagus dengan menambahkan suatu informasi misalnya seperti analis ukuran, ukuran per domain.

Akan tetapi yang menjadi kelemahan dari pingdom ini, adalah kalian perlu untuk melakukan pendaftaran akun terlebih dulu, setelah itu kalian baru bisa masuk ke dalam situs untuk menggunakan tools-tools yang ada, salah satunya adalah mengukur kecepatan loading blog kalian.

Dan apabila kalian ingin menggunakan situs dari pingdom ini secara berkelanjutan kalian diharuskan untuk membayar, yang bebrati kalian hanya dapat menggunakan tools ini secara gratis selama 14 hari.

  •  WebPage-Test 

Tools yang selanjutnya yaitu WebPage Test dan itools ini sangat mirip dengan beberapa alat uji kecepatan lainnya, akan tetapi memiliki lebih dari 40 lokasi untuk dipilih dan lebih dari 25 browser termasuk juga mobile. Kalian hanya perlu melakukan klik “Page Speed” dan memulai pengecekan loading blog kalian.

Dan setelah itu, Webpagetest akan memberikan solusi untuk meningkatkan kecepatan loading blog kalian. WebPage Test Ini akan memberikan nilai dalam skala dari F ke A berdasarkan dari berbagai tes kinerja seperti Cache, kompresi, FFTB, pengginaan CDN yang efektif, dan lain sebagainya.

  • KeyCDN 

KeyCDN yaitu merupakan salah satu situs uji kecepatan web yang baru dikembangkan yaitu pada tahun 2017. Dan ini merupakan uji kecepatan yang ringan kalian bisa menggunakan untuk menambah pengetahuan yang terperinci tentang situs kalian.

Dan di situs ini terdapat 14 lokasi yang ditawarkan untuk dipilih di seluruh dunia, kalian bisa membuat hasil tes secara pribadi atau publik, yang meliputi pratinjau situs web visual di bagian bawah. KeyCDN walaupun merupakan situs baru, akan tetapi situs alat uji kecepatan blog ini sangat responsif dan sangat bagus di perangkat seluler.

Nah, itulah beberapa daftar situs atau tools untuk mengukur kecepatan sebuh blog. Semoga bermanfaat bagi kalian para blogger pemula yang ingin melakukan uji kecepatan pada blog kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *