Bagi pengguna website, blogger, dan yang lainnya mungkin tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah Backlink, akan tetapi bagi sebagian orang pasti juga belum mengatahui  apa yang dimaksud dengan Backlink itu. Nah untuk kalian bagi blogger pemula, harus tahu apa itu Backlink.

Backlink merupakan sebuah link yang didapat dari website lain. Blog yang memiliki banyak backlink akan dapat meningkatkan performanya di SERP, maka dengan demikian akan banyak artikel yang muncul di halaman terbaik search engine.

Akan tetapi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua backlink dapat mengubah posisi blog menjadi baik di search engine. Dengan banyaknya backlink yang mengarah ke situs kalian belum tentu dapat dikategorikan bahwa backlink tersebut akan memberikan manfaat bagi blog yang kalian miliki.

Backlink yang memiliki kualitas tinggi yang akan mampu menyulap performa situs di Search Engine Result Page (SERP). Namun, sebaliknya backlink yang tidak memiliki kualitas justru akan memperburuk pringkat situs di mesin pencari.

Dan tentu saja hal itu akan membahayakan blog kalian dan bahayanya itu adalah blog kalian nanti akan dianggap SPAM oleh search engine dan tidak menutup kemungkinan nanti lama-lama blog kalian akan tenggelam di SERP atau biasanya dapat terjerat Google Sandbox.

Dan masih ada banyak alasan lain sehingga adanya backlink yang tidak berkualitas yang akan mengarah ke situs kalian. Akan tetapi, apapun alasannya kalian harus dapat menyangkal atau menolak bahkan menghapus backlink tersebut demi kelangsungan blog yang kalian kelola. Hanya akan sia-sia saja jika kalian memelihara banyak backlink namun kenyataannya backlink tersebut tidak berkualitas.

Peranan sebuah backlink dalam optimasi SEO pada saat ini memang masih berpengaruh besar terhadap kelangsungan sebuah situs. Akan tetapi yang harus kalian garis bawahi jangan sampai kalian menggunakan tehnik jadul dengan mencari backlink secara frontal dan tidak perduli apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak berkualitas.

Kenyataannya tehnik optimasi SEO sekarang kalian harus lebih cermat lagi dalam mencari backlink, walaupun hanya mencari backlink yang berkualitas saja yang mengarah ke situs yang kalian miliki. Lebih baik memiliki sedikit backlink tetapi semuanya berkualitas daripada memiliki banyak backlink tetapi berkualitas rendah.

Backlink yang memiliki kualitas rendah juga bisa terjadi dikarenakan kalian telah mengajak blogger lain untuk saling tanam link aktif atau saling tukar link. Dan hal Ini merupakan tehnik optimasi SEO zaman dulu. Jika untuk saat ini masih kalian gunakan maka akan percuma saja kalian aktif melakukan tukar link secara membabi buta dan tanpa memperhatikan kesamaan niche blog.

Maka dari itu kalian perlu sekali menghapus backlink spam yang hanya mengganggu itu. Nah lalu bagaimana cara menghapus backlink spam tersebut? Berikut ini adalah beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu dengan login dulu di Google Webmaster Tools dengan akun Google yang bisa kalian gunakan. Nah lalu fitur apa yang akan dapat di gunakan dalam menghapus backlink kualitas rendah di Google Webmaster Tools itu? Fitur tersebut adalah Disavow Links.
  • Selanjutnya silahkan kalian download terlebih dahulu link-link yang ditautkan keblog kalian di akun Webmaster Tools. Kumpulan link biasanya yang ditautkan terhadap blog kalian (backlink) di Google Webmaster Tools terdapat pada Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Kalian. Lalu kemudian kalian klik pilih Unduh tabel ini untuk mengunduh semua backlink yang mengarah ke blog kalian.
  • Lalu selanjutnya kalian pilih format unduhan, bila kalian memilih format CSV maka nanti tabel kumpulan backlink akan dibuka di program Microsoft Office Excel. Akan tetapi bila kalian memilih format Google Dokumen, maka secara otomatis semua tabel yang berisi link akan terbuka pada halaman baru di Google Dokumen Spreadsheet.
  • Dan apabila semua link yang mengarah ke situs kalian sudah berhasil di unduh, maka silahkan kalian sortir link mana saja yang kalian anggap tidak berkualitas. Dan tempatkanlah link-link berkualitas rendah tersebut pada Notepad dan simpan.
  • Dan kemudian sekarang kalian buka halaman Google Webmaster Tools Disavow Links dan apabila blog yang terhubung di Google Webmaster Tools terdapat lebih dari satu blog maka silakan kalian pilih blog mana yang akan dihapus backlink kualitas rendahnya. Apabila sudah memilih blog maka sekarang kalian klik pilih DISAVOW LINKS.
  • Selanjutnya kalian klik pilih Choose File untuk memilih dan membuka file Notepad tadi yang berisi kumpulan-kumpulan link yang tidak berkualitas yang akan kalian hapus. Lalu yang terakhir kalian klik pilih Submit dan tunggu sebentar.

Nah itulah cara mudah dalam menghapus Backlink Spam di wordpress kalian. Silahkan mencobanya dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *