Bagi pengguna website maupun blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah URL, namun bagi yang belum begitu faham tentang URL akan kami paparkan sedikit tentang apa yang dimaksud dengan URL itu.

URL atau Uniform Resource Locator yaitu merupakan sebuah  rangkaian karakter dalam suatu format standar tertentu. URL dalam dunia internet merupakan salah satu perkembangan sejarah internet yang sangat fenomenal dan digunakan sebagai petunjuk alamat sebuah sumber, misalnya seperti dokumen dan gambar.

Jika didefinisikan lebih spesifik lagi URL yaitu alamat sebuah file atau gambar di internet. Lalu kenapa URL tersebut harus SEO Friendly? Karena jika URL SEO Friendly maka website atau blog yang kalian miliki bisa mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Namun ada sebagian pemilik blog yang tidak memperhatikan hali ini, karena mereka menganggap membuat URL yang SEO Friendly adalah hal yang sangat rumit, padahal jika kalian tertarik membuat URL SEO Friendly caranya cukup mudah. Perlu kalian ketahui bahwa untuk versi terbaru WordPress sejak update  versi 4.2 secara default akan menggunakan struktrur permalinks yang paling SEO friendly yang mengambil URL dari nama judul postingan kalian.

Jadi bagi pengguna WordPress terbaru tidak usah lagi mengatur setingan permalink di WordPress. Tapi pada WordPress versi lama dulu secara default tidak menggunakan pengaturan struktur URL yang SEO friendly seperti sekarang ini, akan tetapi diharuskan untuk memilih sendiri pengaturan tersebut.

Di WordPress itu sendiri, pengaturan URL link disebut Permalinks atau juga bisa disebut dengan link permanen. Di situ kalian akan melihat beberapa pilihan struktur permalink dan struktur URL yang bisa kalian pilih sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk dapat masuk ke halaman pengaturan permalink WordPress, yang perlu kalian lakukan pertama kali yaitu dengan masuk ke menu Settings » Permalinks di daerah admin WordPress kalian. Kemudian kalian akan melihat halaman pengaturan seperti dibawah ini.

  • Plain
  • Day and name
  • Month and name
  • Numeric
  • Post name
  • Custom Structure
    Pilih Sturktur URL menggunakan tags.

Yang pertama yang disebut “plain” yaitu digunakan sebagai default struktur WordPress URL sebelum versi 4.2. Akan tetapi pilihan ini bukanlah merupakan pilihan URL SEO Friendly.

Kemudian pilihan “Day and Name” dan “Month and Name”, pilihan ini lebih cenderung SEO friendly sebab memiliki nama post di dalamnya. Tetapi, dengan adanya tanggal, URL menjadi terlalu panjang. Selain itu apabila artikel kalian sudah usang dan ingin kalian update maka dari itu dengan merubah tanggal terbaru akan beresiko merubah link dan tentu saj hal ini sangat beresiko karena link lama kalian akan mati.

Akan tetapi jika jika blog atau website kalian merupakan situs berita atau yang mengupdate konten secara berkala, maka menggunakan salah satu dari kedua pengaturan ini adalah pilihan yang baik, sebab dengan menunjukkan tanggal di URL kalian itu akan memberitahu penggunjung bahwa artikel kalian baru dan ini tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Kemudian pada pilihan “Post Name” merupakan pilihan yang paling SEO friendly sebab URL terlihat pendek dan cantik.

Cara Membuat Struktur URL SEO Friendly di WordPress

Mengatur sebuah URL permalink wajib dilakukan dengan baik dan benar pada awal pembuatan website. Setelah kalian menginstall WordPress di hosting kalian, dan siap untuk mengatur permalink, maka dengan demikian kalian dapat mengikuti cara dibawah ini :

  1. Yang pertama yaitu masuk ke dashboard admin di situs web WordPress kalian
  2. Lalu setelah itu masuk ke Setting >> Permalinks
  3. Selanjutnya kalian nanti akan diminta untuk memilih struktur URL yang akan kaliangunakan dalam situs web kalian. Struktur yang disarankan untuk membantu URL SEO friendly yaitu berupa setting permalink dengan tipe ‘Post name’, yang menghasilkan alamat URL SEO Friendly “namawebkalian.com/judul-post”
  4. Setelah itu Klik ‘Save’, dan selesai.
  5. Kemudian di opsi terakhir, ada beberapa pilihan untuk membuat URL custom. Sebenarnya todak disarankan, akan tetapi jika kalian mempunyai kebutuhan untuk mencobanya, kaliam dapat menggunakannya dengan tambahan kode seperti berikut ini yaitu di struktur permalink :
  6. %Year% : ini menandakan tahun di URL postingan kalian, misalnya 201
  7. %Monthnum% : dan ini menandakan bulan di URL postingan kalian, misalnya 03
  8. %Day% : ini yaitu menandakan hari di URL postingan, sebagai contoh misalnya 28
  9. %Hour% : ini menandakan jam di URL postingan kalian, misalnya 17
  10. %Post_id% : ini yaitu berarti memberikan ID postingan di setiap struktur URL
  11. %Postname% : adalah menambahkan judul menjadi url postingan.

 Itulah cara membuat struktur Seo Friendly, bagi kalian yang tertarik bisa mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *