Cara Install WordPress Di Vps – WordPress merupakan sebuah Content Management System  (CMS) yang banyak digunakan oleh orang banyak sebagai media blogging.

WordPress itu sendiri biasa dibuat dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP. WordPress memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan platform blogging yang lain. Berikut beberapa kelebihan wordpress :

  1. Open source, source code bisa di download, dapat di lihat, serta dapat di modifikasi sesuai dengan kebutuhan.
  2. Free atau bebas biaya. Jika kalian menggunakan WordPress, maka kalian tidak akan di pungut biaya.
  3. Simpel dan sangat mudah di gunakan. WordPress banyak dikenal karena begitu simpel mulai dari interface utama maupun plugins yang di gunakan.
  4. Memiliki support komunitas yang sangat luas. WordPress mempunyai ratusan ribu volunteer atau sukarelawan yang melakukan developing, testing dan bug fixing sehingga membuat WordPress menjadi salah satu platform bloggin yang paling stabil.
  5. WordPress menyediakan ribuan plugins yang siap di gunakan.

Nah bagi pengguna wordpress atau para blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah VPS, bagi yang belum begitu mengetahui apa itu VPS, disini akan kami paparkan sedikit tentang apa itu VPS.

VPS atau Virtual Private Server yaitu merupakan sebuahteknologi server side mengenai sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dapat dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap-tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri serta menggunakan konfigurasi yang cepat. VPS secara global sering digunakan untuk Cloud Computing, Software Bot, serta menjalankan Software robot forex atau untuk trading, dan sebagainya.

Website yang memiliki banyak pengunjung tentu saja merupakan keinginan bagi setiap pemilik website. Akan tetapi jika layanan shared hosting kita sudah tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan website kalian, tentu saja hal itu akan menjadi suatu masalah bagi pengguna website. Maka dari itu, layanan hosting dengan resource yang lebih besar adalah sebagai jawaban dari masalah tersebut.

Tetapi, hal itu tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit jika kalian menggunakan Dedicated Hosting. Nah, dengan demikian VPS bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab resource yang ditawarkan VPS lebih besar dan lebih leluasa daripada shared hosting. Dengan demikian, akan membuat performa website kalian tetap prima.

Lalu bagaimana caranya memasang atau menginstall wordpress di VPS? Berikut ini adalah cara install Wordpress di VPS dengan menggunakan serverPilot, sebelum masuk ke cara bagaimana menginstalnya, kalian perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan serverpilot itu.

ServerPilto yaitu merupakan sebuah layanan web hosting control panel seperti Cpanel, tetapi untuk menggunakannya kalian tidak perlu menginstallnya di VPS.

Kalian hanya perlu menghubungkan VPS yang kalian miliki ke ServerPilot, dan setelah itu ServerPilot akan secara omatis menginstall beberapa software yang dibutuhkan misalnya seperti PHP, MySQL, Nginx, and Apache. Dan yang yang paling penting adalah kalian dapat menginstall WordPress di VPS secara otomatis dengan melalui control panel ServerPilot.

Lalu bagaimana cara menginstal wordpress di VPS ? Berikut ini adalah beberapa lengkahnya :

  1.  Menyiapkan VPS Ubuntu 14.04
  2. Yang pertama adalah kalian perlu menyiapkan VPS dengan sistem operasi Ubuntu 14.04. Kalian dapat menggunakan layanan VPS dari mana saja. Sebagai contoh kalian bisa menggunakan DigitalOcean.
  3. Kemudian silahkan Login ke dasbor Digital Ocean,  lalu klik tombol “Create Droplet”.
  4. Selanjutnya kalian perlu mengisi detail VPS yang ingin kalian buat. Seperti :
  5. Droplet Hostname

Dan di bagian Droplet Hostname ini kalian isi dengan nama domain.

  • Choose a size

Lalu untuk Choose a size rekomendasi gunakan yang $10/bulan.

  • Choose a datacenter region

KemudianDatacenter region pilih Singapore apabila target pengunjung blog kalian adalah orang Indonesia.

  • Choose an image

Kemudian pada bagian Choose an image pilih saja Ubuntu 14.04.

  • Select additional options
  • Dan untuk additional options dan SSH keys biarkan saja seperti itu tidak perlu diisi apapun.
  • Add your SSH keys
  • Lalu yang terkhir kalian klik tombol Create pada bagian bawah dan tunggu sampai proses pembuatan VPS selesai.

Sekarang silahkan kalian login ke email kalian untuk mengetahui secara detail tentang informasi dari VPS yang sudah dibuat.

  • Menghubungkan VPS ke ServerPilot

Setelah kalian berhasil menyiapkan VPS Ubuntu 14.04 di Digital Ocean, lalu langkah selanjutnya yaitu tinggal kalian hubungkan VPS-nya ke ServerPilot.

Yang pertama yang perlu kalian lakukan adalah daftar dulu ke ServerPilot

Setelah kalian sudah mendaftar, silakan kalian masuk ke dasbor ServerPilot, pada menu Servers lalu klik tombol “+Connect Server

Kalian perlu mengisi secara detail dari VPS yang ingin dihubungkan ke ServerPilot.

Kemudian setelah itu silahkan Klik Connect to ServerPilot dan tunggu hingga proses selasai.

  • Instal WordPress di VPS melalui ServerPilot

Apabila VPS kalian sudah terhubung ke ServerPilot, kemudian kalian  tinggal menginstall WordPress di VPS secara otomatis melalui dasbor ServerPilot.

  • Langkah yang pertama yaitu pada menu Apps klik tombol “+ Create App
  • Selanjutnya kalian perlu mengisi detail App yang akan kalian buat.
  • Jika semua sudah terisi kalian tinggal klik “Create App”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *